]

Penemuan candi muara takus


Penemuan Candi Muara Takus 


Tempat-tempat sejarah di indonesia-kali ini kita saya akan memposting tentang sebuah candi yang terletak di provinsi riau yaitu candi muara takus.

Tempat-tempat sejarah di indonesia-Candi muara takus adalah sebuah candi yang terletak di provinsi Riau, tepatnya berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, jaraknya kurang lebih 135 km dari Kota Pekanbaru. maura takus merupakan sebuah komplek percandian yang cukup luas dan diyakini sebagai peninggalan dari kerajaan Sriwijaya dan merupakan simbol puncak kejayaan dari kerajaan sriwijaya.
Tempat-tempat sejarah di indonesia-candi ini tidak seperti candi lain yang terbuka, Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter. Sementara candi itu sendiri berukuran 7 x 7 meter.  Di luar areal kompleks, terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir sungai Kampar Kanan.

candi ini merupakan candi warisan peninggalan budaya budha dan menunjukan bahwa memang kebudayaan dan agama budha memang pernah tumbuh dan berkembang di wilayah ini. candi muara takus merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berupa candi di provinsi Riau.

Tempat-tempat sejarah di indonesia-Sejarah candi

Sampai tulisan ini dibuat belum ada catatan pasti kapan tepatnya candi muara takus di bangun. tetapi dapat dipastikan bahwa candi ini telah ada sejak zaman kerajaan sriwijaya. Sejumlah literatur menyebutkan, Muara Takus berasal dari kata Muara dan Takus. Takus berasal dari bahasa Cina, yakni Ta Ku Se, artinya Candi Tua.



adapun candi ini ditemukan pertama kali oleh Cornets de Groot (1860: 531-533). Akibat publikasi yang dilakukannya, banyak peneliti yang menaruh pehatian pada kompleks percandian ini, antara lain van Beest Holle yang menulis tentang gambaran Muara Takus (1879: 217-230) dan Schnitger yang menulis tentang suasana Muara Takus dengan kompleks percandiannya (1937: 11-12; 1964: 33-46).



Komplek Candi


Tempat-tempat sejarah di indonesia-
CANDI MAHLIGAI
Candi Mahligai ini berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 10,44M x 10,60M , tingginya sampai kepuncak 14,30M berdiri diatasnya pondamen segi delapan dan bersisikan 28 buah pada alasnya terdapat teratai berganda.
                         

Ditengahnya menjulang menara, diatas puncaknya diperkirakan ada makarel, namun Cornet de Groot sang penemu Candi Muara Takus tidak menemukan makarel tersebut. Pada tahun 1860 Cornet de Groot menatakan disetiap sisin Candi Mahligai terdapat patung singa dengan posisi duduk,disebelah timur terdapat teras bujur sangkar ukuran 5,10 Meter x 5,10 Meter dan didepannya terdapat sebuah tangga.








CANDI PALANGKA

Tempat-tempat sejarah di indonesia-Bangunan ini terdiri dari Batu Bata merah yang dicetak, letaknya 3,85 meter sebelah Timur Candi Mahligai, candi palangka merupakan Candi Terkecil. Candi ini berbentuk segi delapan, dan memiliki tangga, pada saat ditemukan tahun 1860 Candi ini dalam keadaan rusak dan bagian puncaknyapun sudah tidak ada.










CANDI BUNGSU

Tempat-tempat sejarah di indonesia-Candi Bungsu terletak di sebelah Barat Candi Mahligai. Bangunannya terbuat dari dua jenis batu yaitu Batu Pasir (tuff) dibagian depan, dan batu bata dibagian belakang. Dulunya di Candi Bungsu ini terdapat 8 buah Stupa Kecil yang mengelilingi Stupa besar.









CANDI TUA

Tempat-tempat sejarah di indonesia - Merupakan candi terbesar di Gugusan Candi Muara Takus, candi ini terletak di sebelah utara Candi Bungsu, candi ini berukuran 32,8M x 21,8M. Pada sisi sebelah timur dan barat terdapat tangga dan dulunya dihiasi oleh stupa dan pada sisi bagian bawah dulunya terdapat patung singa duduk. Saat ini patung singa duduk,maupun stupa kecil serta bangunan lainnya sudah banyak yang hilang.
 dengan begitu banyaknya warisan budaya di indonesia seharusnya itu merupakan kebanggaan sekaligus sebagai aet untuk menarik wisatawan. jagalah selalu warisan leluhur dan lestarikan peninggalannya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)

sumber : http://1.bp.blogspot.com


0 Response to "Penemuan candi muara takus "

Trading Bitcoin