]

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Tempat sejarah di indonesia-kali ini saya akan memposting sebuah masjid yang sangat terkenal yang terletak di ujung pulau sumatera tepatnya di provinsi aceh. yaiut Masjid Baiturrahman.

Tempat sejarah di indonesia- Masjid Raya Baiturrahman di Kutaraja, pusat kota Banda aceh , sejak lama menjadi ikon provinsi Aceh. Masjid raya Baiturrahaman merupakan saksi bisu atas sejarah panjang masyarakat aceh mulai dari zaman penjajahan sampai kepada pahit manisnya sebagai salah satu provinsi di Indonesia.


Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H/1612 M. Mesjid raya ini memang pertama kali dibangun oleh pemerintahan Sultan Iskandar Muda, namun telah terbakar habis pada agresi tentara Belanda kedua pada bulan shafar 1290/April 1873 M.


Empat tahun setelah Masjid Raya Baiturrahman itu terbakar, pada pertengahan shafar 1294 H/Maret 1877 M, dengan mengulangi janji jenderal Van Sweiten, maka Gubernur Jenderal Van Lansberge menyatakan akan membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman yang telah terbakar itu. Pernyataan ini diumumkan setelah diadakan permusyawaratan dengan kepala-kepala Negeri sekitar Banda Aceh. Dimana disimpulakan bahwa pengaruh Masjid sangat besar kesannya bagi rakyat Aceh yang 100% beragama Islam. Janji tersebut dilaksanakan oleh Jenderal Mayor Vander selaku Gubernur Militer Aceh pada waktu itu. Dan tepat pada hari Kamis 13 Syawal 1296 H/9 Oktober 1879 M, diletakan batu pertamanya yang diwakili oleh Tengku Qadhi Malikul Adil. Masjid Raya Baiturrahman ini siap dibangun kembali pada tahun 1299 Hijriyah.


Mengingat sejarah masjid ini yang telah berlangsung sekian lama maka wajar saja masjid ini menjadi maskot dan kebanggaan masyarakat aceh dan sejak zaman sultan iskandar muda samapai saat ini masjid ini tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat aceh. Mesjid Raya ini mempunyai berbagai fungsi selain shalat, yaitu tempat mengadakan pengajian, perhelatan acara keagamaan seperti maulid Nabi Besar Muhammad SAW, peringatan 1 Muharram, Musabaqah Tilawatil Qur’an tempat berteduh bagi warga kota serta para pendatang dan sebagai salah satu obyek wisata Islami.


saat tragedi gempa bumi dan tsunami yang melanda provinsi Aceh dan menghancurkan sebagian dari wilayah aceh. masjid ini tetap kokoh berdiri tanpa mengalami kerusakan yang berarti. berkat masjid ini pula banyak warga kota banda aceh selamat dari bencana mengerikan tersebut. Kawasan/lingkungan mesjid ini juga dijadikan kawasan syariat Islam, jadi sebaiknya kita jaga dan jangan dikotori oleh perbuatan-perbuatan yang melecehkan mesjid serta melanggar syariat Islam.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)

sumber:wikipedia

0 Response to "Masjid Raya Baiturrahman"

Trading Bitcoin