]

Keraton Kasepuhan


Keraton Kasepuhan

Jalan Keraton Kesepuhan No. 43 Lemhwungkuk, Cirebon
Akses Menuju Keraton Kesepuhan :
Dari kota Cirebon, pengunjung bisa menggunakan ojek atau transportasi lainnya untuk menjangkau keraton.

Sejarah Singkat Keraton Kasepuhan :

Keraton Kesepuhan merupakan salah satu keaton di Cirebon yang terkenal dengan kemegahannya yang masih sangat terawat hingga kini.
Selain terkenal karena kemewahannya, keraton ini juga terkenal sebagai keraton yang paling bersejarah karena kandungan makna yang tersirat dalam setiap sudut arsitektur bangunan ini.
Keraton ini merupakan bangunan bersejarah yang dibangun oleh Pangeran Cakrabuwana. Pada awal berdirinya, nama keraton ini adalah Keraton Pakungwati yang diambil dari nama putinya yang kemudian menjadi istri Sunan Gunung Jati.
Dulunya keraton ini merupakan pusat penyebaran agama Islam yang dipimpin oleh Sunan Gunung Jati.
Pada tahun 1483, Sunan Gunung Jati mengambil alih kepengurusan keraton ini. Bangunan keraton kemudian diperbaharui dan diperluas, hingga menjadi seluas sekarang.
Peggangtian nama keraton menjadi Keraton Kasepuhan terjadi pada tahun 1967, dan setelah itu Sultan yang menduduki keraton diberi gelar Sultan Sepuh.
Pada tahun 1988, Keraton Kasepuhan dialihfungsikan menjadi museum guna menjaga keaslian dan melindungi benda – benda bersejarah yang terdapat dalam keraton.
Hingga sekarang, Keraton Kasepuhan masih diakui sebagai sumber sejarah dan peradaban I dslami wilayah Jawa Barat.
Kalangan budayawan, ahli sejarah, mahasiswa dan pelajar masih sering menjadikan Keraton Kasepuhan sebagai sumber refrensinya.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUGAN ANDA :)

sumber:wikipedia

0 Response to "Keraton Kasepuhan"

Trading Bitcoin