]

Gedung Balaikota bogor

Gedung Balaikota

Gedung Balaikota Bogor berdiri pada tahun 1950 dengan nama Societeit, bentuk bangunan gaya Kolonial Belanda. Gedung Balaikota telah mengalami renovasi dan penggabungan gaya arsitektur Sunda dan Eropa. Sekarang gedung ini berfungsi sebagai Kantor Pemerintah Kota Bogor.
It was built in 1950 under the name Societeit, the architecture of the Colonial Dutch. The MunicipalityBuilding has experiendced renovation and consolidation of Sundanese and European style architecture. At present this building functioned as City Goverment Office of Bogor.

Gedung Balai Kota Bogor di sisi Jalan Ir. Juanda, Desa Pabaton , Kecamatan Bogor Tengah dan terletak pada garis koordinat  106°47' 628" BT dan  06°35' 724" LS (106° 47' 868" BT dan 06°35' 114" LS), dengan tinggi 858 m   di atas permukaan laut
Dapat dicapai dengan kendaraan umum,  Carigi Terminal  - Merdeka atau Cibinong. Gedung ini berada tepat di tepi Jalan H. Juanda, lebih kurang 600 meter sebelah barat laut dari Istana Bogor. Sebelah utara terdapat Jln. H. Juanda, sebelah timur bank Central asia (BCA), sebelah selatan perkantoran Kota Bogor, dan sebelah barat Hotel Salak.

Dibangun pada tahun 1868. berbentuk segi empat menghadap ke arah jalan (selatan), dan memiliki halaman yang cukup luas dengan pintu masuk halaman dari dua pintu masuk-keluar. Bangunan ini diberi cat warna putih dan dibagian muka gedung memiliki pilar-pilar ramping yang indah sehingga tampak terkesan bangunan megah. Atap bangunan tidak tidak tinggi, relatif rendah, Sedangkan pada bagian badan bangunan diberi profil geometrik pada bagian-bagian dahi jendela dan pintu. Pada bagian kaki bangunan (rendah) diberi batu alam. Gedung ini dimanfaatkan sebagai Kantor Walikota Bogor. Begitu juga beberapa perkantoran Kota Bogor terdapat pada bagian belakang yang merupakan bangunan tambahan (baru tidak menempel pada bangunan lama), seperti Disbudpar, Dinas Pendidikan dan sebagainya.

Pakuan sebagai pusat pemerintahan Kerajkaan Sunda Pajajaran yang terkenal pada pemerintahan Prabu Siliwangi (Sri Baginda Maharaja) yang penobatanya tepat pada tanggal 3 Juni 1482, yang selanjutnya hari tersebut dijadikan hari jadi Bogor, karena sejak tahun 1973 telah ditetapkan oleh DPRD Kabupaten dan Kota Bogor sebagai hari jadi Bogor dan selalu diperingati setiap tahunnya sampai sekarang. Sejak itu, bangunan tersebut digunakan sebagai Balai Kota Bogor dan terus membenahi perkantoran Pmeerintah Kota Bogor dengan membangun beberapa gedung perkantoran yang berada di di bagian belakang Gedung balai kota Bogor.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)

sumber;wikipedia

0 Response to "Gedung Balaikota bogor"

Trading Bitcoin