]

Tugu di Jalan KH Agus Salim-Bekasi

Tugu di Jalan KH Agus Salim


selamat sore kawan semoga harimu ceria hari ini :)
hari ini saya mau berbagi tentang informasi TEMPAT-TEMPAT SEJARAH DI INDONESIA
  TEMPAT-TEMPAT SEJARAH DI INDONESIA yang selanjutnya adalah  Tugu di Jalan KH Agus Salim-Bekasi di Sepanjang petualangan mencari tahu makna patriot, hampir semua orang menggelengkan kepala ketika ditanya tentang nama tugu di Jl. Agus Salim. Termasuk abang-abang becak dan pa ogah yang sering mangkal di sekitar tugu hanya mengangkat bahu tanda tidak tahu. Informasi yang saya peroleh dari mereka bahwa tugu ini selalu dijadikan patokan bila ada yang mencari alamat rumah di sekitar jalan Agus Salim. Selebihnya mereka hanya menggelengkan kepala.
Monumen ini berbentuk persegi empat, di atasnya terdapat semacam kepala. Konon, ketika awal dibangun di sekeliling kepala tugu ditanam pecahan peluru meriam, mortir, granat tangan, dan selongsong peluru ukuran 12,7 mm yang diambil dari berbagai pertempuran di sekitar Bekasi dan Cakung. Keberadaan barang-barang tersebut memang tidak bisa dilihat secara jelas, karena sekitar tugu dipasang rantai pembatas yang akan menghalangi orang untuk mendekat.
Penjelasan yang lebih ilmiah datang dari sahabat saya yang dikenal sebagai Sejarawan Bekasi yang bernama Ali Anwar. Ia menceritakan bahwa tugu di Jalan Agus Salim, menggambarkan berbagai pertempuran hebat yang pernah terjadi pada masa Agresi II. Berbagai peristiwa penting, seperti di daerah Kali Abang Bungur, Gardu Cabang dan Medan Satria, Kranji dan di berbagai tempat serta peristiwa pembakaran oleh tentara Sekutu diperingati oleh para pejuang dengan membangun tugu ini. Seandainya tidak ada Moch Toha, pahlawan dari bandung Selatan, mungkin Bekasi akan lebih dikenal dengan julukan “Bekasi Lautan Api”. Peristiwa ini menggambarkan betapa hebatnya perjuangan rakyat Bekasi melawan para komprador asing yang ingin menguasai kembali Indonesia.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA :)

sumber;wikipedia .com

0 Response to "Tugu di Jalan KH Agus Salim-Bekasi"

Trading Bitcoin